Personal Journal : #MATHSQUAD Learning at Rumah Sains Ilma

8:24:00 PM


Tanggal 3 Oktober 2016, Math Squad jalan - jalan ke Rumah Sains Ilma. Bukan sekedar jalan - jalan, tapi juga belajar Sains lewat eksperimen atau percobaan.

Jadi, pagi hari kita kumpul di Masjid Ar - Rahiim. Waktu aku sampe, baru ada Putri doang. And you know, Putri ada di situ dari jam 6 pagi dan aku sampe sana jam setengah 7 atau jam 7. Putri nunggu - super - lama di situ sendirian. Yah, terus abis aku dateng, Kay dateng, di susul Kaoru, terus Kiki, Yahya dan selanjutnya.

Setelah fullteam, kita doa naik kendaraan bersama dan naik mobil yang telah di tentukan. Akhwat - akhwat kecuali Kay dan Rully naik mobil Ifi - Irul. Ifi pun nggak ada, adanya Irul. Ifi di mobil lain. Terus, kita ngobrol macem - macem, akhwat nya doang sih. Irul sama mamanya sibuk nyari jalan pake Waze.

Sampe di sana, kita nggak langsung belajar, tapi liat - liat barang - barang sains yang super keren. Contoh nya, Tabung Guntur, Jejak Fossil atau Pasir Magnetik.

Al - Titan. Creds to Mr. Wifqi

Rully. Creds to Mr. Wifqi

Rafa. Creds to Mr. Wifqi
Putri. Creds to Mr. Wifqi


me. Creds to Mr. Wifqi



Liat botol yang isinya cairan warna biru itu? Nah, itu kan ada pasir - pasir, itu Pasir Magnetik! btw, Kiki in the frame :3

And anyway, Rumah Sains Ilma ini jualan barang - barang atau bubuk - bubuk Sains. Ada yang di plastik in, di taruh di kaleng dan lain - lain. Dan harganya cukup murah. Kalau yang plastik kecil harganya cuma Rp. 8000 sampai Rp. 12.000 kalau yang kaleng harganya Rp. 22.500. Nanti bakal ada petunjuk pembuatannya. Contohnya, aku beli Tabung Suntik di kaleng kan. Nanti ada resep cara buatnya gimana, dan jadi deh!




Fathia & Kiki lagi liat - liat

Setelah itu, kita di kumpulkan di saung bambu kecil dan kita bereksperimen di sana sama Kak ... duh, pokoknya ada dua dan aku lupa nama dua - duanya, wkwkwk.

Di saung, kita di bagi - bagiin plastik warna merah muda. Isinya Science Kit sama modul pembelajaran nya. And, I already take the photo of it.




Percobaan pertama, kita bikin Terompet Sederhana. Science Kit nya Terompet Sederhana itu balon yang ujungnya udah di gunting sedikit, sedotan besar, sedotan kecil dan botol plastik seperti di foto yang atasnya nggak ada tutup nya dan satu buah karet gelang. Caranya, sedotan besar di masukkin ke dalam botol dari lubang yang ada di bawah botol, tapi jangan sampai keluar dari botol. Terus, atas botol di tutupin balon sama di ikat karet. Nah, di pinggir botol ada lubang kan, masukkin sedotan kecil sampe bersentuhan sama sedotan besar. Terus, sedotan kecilnya di tiup deh. Cukup gampang, tapi suara terompetnya super sekali :p

Eksperimen kedua, bikin apa ya namanya ... botol melayang kalau nggak salah. Jadi, ada bubuk - bubuk gitu kan. Semuanya di campur, terus di kasih air, di kasih pewarna merah dan di masukkin ke botol plastik aqua gitu yang besar. Terus, ada botol kaca kecil, di isi air, di tutup rapat dan masukkin  ke dalam botol plastik besar. Alhasil, botol kecil nya jadi mengambang di atas. Kalau bagian tengah nya di tekan, botol kaca nya nyemplung ke bawah, dan kalau di lepas balik lagi ke atas.


Ini bahan - bahan nya. Anyway, Rahima & Fathia in frame!
Terus, coba satu percobaan lagi dan berhasil. Kayak percobaan Pasir Magnetik gitu deh.

Setelah itu, kita makan siang dan shalat dzuhur. Sebelum shalat, aku sama Kaoru keliling - keliling kebingungan mau beli apa. Soal nya di depan saung juga ada barang - barang eksperimen itu, lebih lengkap malah. Jadinya, kita keliling ke depan, ke dalem walau produknya sama - sama aja sih, wkwkwk.


Habis itu, kita main ayunan di deket saung. Aku kebagian dan di dorong sama semua ikhwan dan akhwat. Itu pusing banget, dan kakiku kepentok akar - akar pohon besar di tanah :/



Terus, kita pulang, ambil tas dan foto - foto dulu. Bareng ibu - ibu juga dong, tapi ga fullteam sih :/ tapi ga papa. Here we go!


Pulangnya, aku naik mobil Al - Titan. Sama Kaoru, Fathia, Al - Titan dan Rama.

Thankyou #MATHSQUAD for the great day!

You Might Also Like

0 fantastic

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe